Welcome To SMK TI Pelita Nusantara

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Informasi

Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis merupakan kompetensi keahlian pada Bidang Studi Bisnis dan Manajemen Program Studi Keahlian Manajemen Perkantoran yang menekankan pada keterampilan pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, sarana dan prasarana serta humas dan keprotokolan. Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada bidang pekerjaan yang dikelola oleh badan, instansi atau perusahaan maupun pribadi (wirausaha).

 

Prospek Kerja Lulusan

  1. Tenaga administrasi, staf tata usaha
  2. Sekretaris direksi atau sekretaris perusahaan
  3. Tenaga administrasi di bagian umum dan personalia, pelatihan, reseptionis
  4. Tenaga administrasi di bagian keuangan dan pembukuan
  5. Tenaga penjualan, promosi dan pemasaran
  6. Account Executive, Account Supervisor berbagai bidang jasa
  7. Wirausaha
  8. Staf akademik/dosen bidang bisnis dan manajemen
  9. Melanjutkan ke Perguruan Tinggi

Visi Misi

Visi

Pusat Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi yang UTAMA Lulusan yang Ber "Kompeten, Kompetitif, dan Berakhlaqul Karimah".

 

Misi

  1. Menyelenggarakan karya pendidikan yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk diterapkan dalam bidang keterampilan atau kejuruan sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan efektifitas.
  2. Membentuk manusia yang beraklaq mulia, cerdas, trampil serta berguna bagi umat, bangsa dan negara
  3. Mengembangkan peserta didik dalam aspek kognisi (nalar-keilmuan), psikomotorik (teknis-keterampilan), afeksi (sikap-kepribadian), dan tidak meninggalkan aspek religius (keagamaan).
  4. Mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler sebagai sarana pengembangan diri peserta didik dan sebagai wahana untuk membina kemampuan berorganisasi, berkreasi, berkompetisi secara sehat dan memupuk rasa kebersamaan.
  5. Mengupayakan mutu layanan pendidikan kejuruan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan dunia usaha / dunia industri. Serta menjalin kerjasama dengan dunia usaha dan dunia industri

Sejarah

Merupakan program keahlian berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi terkini.

 

Kompetensi

Tujuan program ini secara umum mengacu pada isi UU Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan program keahlian Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

 

  1. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis.
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi.
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai SOP, menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi, menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.
  5. Juru tata Usaha Kantor
  6. Sekretaris Muda
  7. Resepsionis dan amsih banyak lainnya

Studi

Kompetensi Program Keahlian

  1. Pengantar Ekonomi Bisnis
  2. Pengantar Administrasi Perkantoran
  3. Pengantar Akuntansi
  4. Otomatisasi Perkantoran
  5. Korespondensi
  6. Kearsipan
  7. Simulasi Digital
  8. Administrasi Kepegawaian
  9. Administrasi Keuangan
  10. Administrasi Sarana Prasarana
  11. Administrasi Humas dan Keprotokolan

Laboratorium

Testimonial